7VlyqT76sbQUcJvhMkyL2FVicQ0FRmnSPD1mMJSy

Pemberian Penghargaan Kategori Terbaik Sekaligus Penutupan Academic Writing Class (ATLAS) FUSHPI




Rabu (30/3/2022) sebelum penutupan Academic Writing Class (ATLAS) Fushpi, peserta ATLAS diberikan materi terlebih dahulu oleh Busro, M.Ag., dosen Fakultas Ushuludin dan Studi Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan seorang pakar jurnal Indonesia terkemuka,  terkait Plagiarism pada penulisan artikel ilmiah. Para peserta Fushpi sangat antusias mendengarkan materi tersebut, hal ini terbukti ketika memasuki sesi tanya jawab dalam materi. Banyak sekali mahasiswa yang bertanya terkait plagiarism tersebut.


Materi ini juga didengarkan oleh Dekan Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam Prof. Dr. Ris’an Rusli, MA., dosen Nugroho, M.Si, Deddy Ilyas, M.Us,  Maulani, M.Ag., Kabag TU Ibu Dr. Jumiana dan Kasub Akademik Kemahasiswaan Raisudin, S.Ag.


Plagiat itu adalah sebuah “rapid test” yang bisa mengetahui artikel apakah positif atau negatif. Jika positif berarti bisa diusahakan lagi dan diperbaiki lagi sebelum terbit sehingga karya yang dipublish tidak dianggap sebagai karya yang bernilai plagiat. Jadi, penulis tidak perlu takut jika artikelnya dicek turnitin ketika ingin menerbitkan sebuah karya ilmiah, ungkap Bapak Busro, M.Ag.


Setelah pemberian materi oleh Bapak Busro, M.Ag, acara selanjutnya pemberian penghargaan dalam berbagai  kategori terbaik bagi peserta ATLAS oleh Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam UIN Raden Fatah berdasarkan penilaian dari 5 Mentor, Dafis Heriansyah, Andika Putra, Nadia Azkiya, Utami Syahdiah dan Melinda Julia Nisrin. Kategori tersebut sebagai berikut: Kategori Terbaik Per-Program Studi, Kategori Terdisiplin, Kategori Terinteraktif, Kategori Terkritis, Kategori Terbanyak Referensi, Kategori Isu Terupdate, Kategori Tercepat Pertahapan dan Kategori Tercepat Finishing Artikel Ilmiah.



Kategori-kategori tersebut diberikan sertifikat penghargaaan yang berguna dalam  menunjang akreditasi Program Studi sehingga setiap peserta yang mendapatkan kategori tersebut diberikan piagam penghargaan. Kategori ini juga diberikan dengan harapan agar peserta tersebut semakin bersemangat untuk menulis dan menerbitkan sebuah karya ilmiah berbentuk artikel. Selain itu, semua peserta dan semua reviewer serta dosen yang terlibat di dalam kegiatan ATLAS ini juga mendapatkan piagam penghargaan yang diberikan oleh pihak Fakultas.


Tidak hanya itu, Dekan Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam Bapak Prof. Dr. Ris’an Rusli, MA., ikut memberikan apresiasi kepada peserta yang tercepat dalam penyelesaian artikel ilmiahnya, yaitu: Tercepat Pertama oleh Apriliah dari Prodi Ilmu Hadis, Tercepat Kedua oleh Arjuna dari Prodi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir dan Tercepat Ketiga oleh Novita Tresa dari Prodi Tasawuf dan Psikoterapi. Hal ini diharapkan agar peserta yang belum selesai menulis artikelnya untuk segera diselesaikan.


Kemudian, acara selanjutnya yaitu penutupan yang dipandu oleh saudara Andika Putra (Aqidah dan Filsafat Islam). Pada kesempatan ini Dekan Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam Bapak Prof. Dr. Ris’an Rusli, MA., memberikan pesan kepada seluruh peserta ATLAS dan Mentor ATLAS untuk menyiapkan diri bahwa kegiatan ini akan diteruskan ke tingkat Universitas dengan bukti mengirimkan print out artikel dari para peserta dan mentor ATLAS ke Rektor UIN Raden Fatah Palembang sebagai bukti fisik dan laporan kegiatan ini berjalan dengan lancar dan layak untuk dilanjutkan ke tingkat Universitas. Tidak hanya itu, Dekan Fushpi ini juga menantang mentor untuk bersiap-siap menyiapkan diri karena merekalah yang akan meneruskan kegiatan ini ke tingkat selanjutnya yang akan dibantu oleh para peserta ATLAS nantinya, ungkap Dekan Fushpi dalam sambutan penutupan ATLAS Fushpi.


Setelah itu sesi foto bersama dan pemberian plakat serta piagam penghargaan kepada narasumber yaitu Bapak Busro, M.Ag yang merupakan Relawan Jurnal Indonesia yang berasal dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Pada penutupan ini juga ikut hadir Dekan Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam Bapak Prof. Dr. Ris’an Rusli, MA., Bapak Maulani, M.Ag., Kabag TU Ibu Dr. Jumiana, Kasub Akademik Kemahasiswaan Bapak Raisudin, S.Ag., Sekretaris Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi Bapak Deddy Ilyas, M.Us dan Sekretaris Program Studi Studi Agama-Agama Bapak Nugroho, M.Si. (Dafis Heriansyah)

Repost dari https://ushpi.radenfatah.ac.id/2022/03/

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar