7VlyqT76sbQUcJvhMkyL2FVicQ0FRmnSPD1mMJSy

Mengetahui Singkatan/abbreviation Nama Jurnal

Menyingkat nama jurnal atau istilah internasionalnya abbreviation tidak bisa sembarangan, karena ada aturannya. Aturan dalam membuat singkatan adalah Standar ISO 4 yang mengatur untuk singkatan kata dari judul publikasi (dalam hal ini jurnal atau prosiding). Pusat Internasional ISSN adalah lembaga yang mempertahankan standar ini. Sesuai dengan ruang lingkup standar ini, singkatan juga dapat digunakan untuk judul publikasi non-serial.

Berbeda dengan Abbreviation, pada jurnal (khususnya di platform OJS) ada singkatan inisial. Inisial adalah singkatan yang tidak perlu mengikuti aturan, cukup disepakati di internal pengelola jurnal tersebut. Inisial jurnal ini diperlukan salah satunya untuk membuat suffiks dari DOI jurnal tersebut, khususnya ketika pengaturan DOI di OJS menggunakan default.

Singkatan/abbreviation Nama Jurnal sangat diperlukan terutama Ketika melakukan pengutipan. Pada gaya pengutipan tertentu, mengharuskan menggunakan singkatan nama jurnal, bukan nama panjangnya salah satunya misalnya gaya pengitupan IEEE. Misalnya ketika mengutip sebuah artikel dari European Physical Journal, standar ISO 4 menentukan singkatan menjadi “Eur. Phys J,” selengkapnya bisa baca https://www.issn.org/services/online-services/access-to-the-ltwa/.

Pada panduan kali ini, saya akan memberikan cara bagaimana menentukan Singkatan/abbreviation dari suatu nama jurnal. Sedikitnya ada 2 cara untuk mengetahuinya:

  1. Melalui List of Title Word Abbreviations (bisa diakses online melaui https://www.issn.org/services/online-services/access-to-the-ltwa/
  2. Melalui Mendeley
Untuk lebih jelasnya, silahkan tonton video berikut

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar