7VlyqT76sbQUcJvhMkyL2FVicQ0FRmnSPD1mMJSy

Busro Dampingi Pembuatan E-Journal FMIPA Universitas Pattimura Ambon

Salah satu aspek yang penting dalam dunia Pendidikan Tinggi yaitu aspek Penelitian dan Publikasi yang merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, Pengabdian). Penelitian yang bermuara pada Publikasi hasil penelitian merupakan bagian penting dalam mengangkat kualitas dan martabat suatu Perguruan Tinggi. Tingkat publikasi para peneliti Indonesia apabila dibandingkan dengan publikasi Negara-negara tetangga seperti Malasya, Singapura, dan Thailand, masih tergolong rendah, disebabkan karena budaya meneliti dan publikasi hasil/ karya penelitian yang masih lemah dari para dosen dan peneliti Indonesia dibandingkan dengan Negara-negara tetangga. Di sisi lain, keberadaan media-media publikasi ilmiah seperti jurnal-jurnal ilmiah yang ada di Indonesia sebagian besar masih bersifat print/cetak sehingga diseminasi hasil-hasil penelitian melalui media online (internet) masih tergolong rendah dan juga hanya sedikit yang bisa terindex oleh lembaga-lembaga pengindex seperti Google Scholar, Portal Garuda/IPI, Crossreff, AIP, DOAJ, EMBASE, Zetoc, EBSCO, Proquest, Scopus, dll. Selain itu, manajemen dan pengelolaan jurnal ilmiah pun masih kurang maksimal menyebabkan dari ribuan jurnal yang ada di Indonesia, hanya sedikit yang terakreditasi.

Masalah rendahnya perhatian dan pengetahuan tentang pengelolaan jurnal ilmiah ini pun dialami oleh para pengelola jurnal di Provinsi Maluku maupun di Universitas Pattimura secara khusus. Secara umum, jurnal-jurnal ilmiah yang ada di Provinsi Maluku sebagian besar masih bersifat print cetak/belum memiliki laman web online. Hal ini diakibatkan karena masih rendahnya perhatian dalam proses pengelolaan jurnal, rendahnya kemampuan dan tata kelola jurnal ilmiah, dan kemampuan IT dari pengelola jurnal untuk membangun web bagi jurnal ilmiah yang terbatas. Oleh karena itu, maka Jurusan Matematika FMIPA Unpatti merasa penting untuk melalukan workshop “Pengelolaan Jurnal ilmiah, Teknik Penulisan Jurnal Internasional dan PembuatanLaman Web Jurnal Online Berbasis OJS”. Workshop ini dilakukan selama 2 hari dengan melibatkan Narasumber dari Sekretaris Relawan Jurnal Indonesia (RJI) Pusat (Busro, S.Ud., M.Ag.), Staf dosen sekaligus peneliti Jurusan Fisika FMIPA Unpatti dengan H-Index Scopus 21 (Henry I. Elim, M.Sc., Ph.D.).

Kegiatan pelatihan dihadiri oleh para dosen dan pengelola jurnal ilmiah dari beberapa PerguruanTinggi di Maluku seperti UKIM, IAIN, Politeknik Negeri Ambon, STAKPN, dan pengelola jurnal pada Program studi di Unpatti. Total peserta yang mengikuti kegiatan Workshop ini sebanyak 45 orang dengan jumlah jurnal yang dikelola sebanyak 23 jurnal ilmiah yang terdiri dari 18 Jurnal ilmiah dalam lingkup Unpatti dan 5 jurnal ilmiah dari luar Unpatti.

kajurKetua Jurusan Matematika FMIPA Unpatti (Yopi Andry Lesnussa, S.Si, M.Si) dalam laporannya mengatakan bahwa dasar pelaksanaan kegiatan workshop ini yaitu karena masih kurangnya pengetahuan dan pemahaman para pengelola jurnal terhadap manajemen pengelolaan jurnal iliah di Provinsi Maluku dan dikarenakan sebagian besar jurnal-jurnal di Provinsi Maluku yang masih bersifat print/cetak dan belum memiliki laman web jurnal online, padahal tutuntutan untuk publikasi ilmiah mensyaratkan pada jurnal-jurnal yang sudah memiliki e-ISSN sehingga memudahkan untuk proses sitasi oleh lembaga-lembaga pengindex sampai pada akreditasi jurnal ilmiah. Sehingga tujuan pelaksanaan workshop ini untuk mendorong agar setiap jurnal ilmiah baik yang ada di Unpatti maupun kampus-kampus lainnya di Proinsi Maluku bisa memiliki laman web jurnal online berbasis Open Journal system (OJS), sehingga memudahkan untuk pengurusan e-ISSN dan Digital Object Identifier (DOI).

Pada kegiatan workshop ini, Jurnal-jurnal yang sudah terdaftar untuk kegiatan workshop ini sudah langsung didaftarkan ke Open Journal System (OJS) pada server Unpatti sehingga masing-masing pengelola jurnal ilmiah nantinya dalam pelatihan sudah dapat memanage dan maintain  tampilan laman web online jurnal masing-masing sampai pada proses submit paper dan penerbitan paper melalui OJS.

dekanDekan Fakultas MIPA Universitas Pattimura (Prof. Dr. Pieter Kakisina, S.Pd., M.Si.) dalam sambutan dan arahannya mengatkan bahwa publikasi merupakan tuntutan kebutuhan bagi seorang dosen sekaligus peneliti dalam pengurusan kepangkatan dan pengembangan karir. Sehingga dirinya berharap melalui workshop Pengelolaan Jurnal ilmiah, Teknik Penulisan Jurnal Internasional dan Pembuatan Laman Web Online Berbasis OJS, dapat meningkatkan tata kelola jurnal sebagai media publikasi ilmiah. Dekan FMIPA Unpatti menyarankan agar setiap dosen sudah harus mempunyai perhatian serius terhadap publikasi ilmiah. Selain itu, sebagai pimpinan Fakultas, dirinya juga selalu mendorong dosen untuk aktif dalam penelitian-penelitian dan publikasi, salah satunya dengan mengalokasikan dana penelitian bagi dosen pemula, pemberian dana untuk mendukung pengelolaan dan pengembangan jurnal ilmiah, pemberian bantuan dana publikasi bagi dosen yang memiliki paper pada jurnal internasional bereputasi. Sejalan dengan itu, Fakultas MIPA juga sudah memiliki tim yang mengurus plagiarism, agar skripsi-skripsi mahasiswa FMIPA dapat dideteksi sejak dini dari tindakan plagiarisme.
Turut hadir dalam kegiatan Workshop, Prof. Dr. Ir. Agus Kastanya, yang juga Ketua Relawan Jurnal Indonesia wilayah Maluku. Prof. Agus, juga sempat mensosialisasikan keberadaan RJI Maluku sebagai wadah yang menghimpun para pengelola jurnal di Provinsi Maluku. Kehadiran RJI Maluku diharapkan dapat memberikan pendampingan bagi para pengelola jurnal-jurnal ilmiah di Provinsi Maluku dalam rangka pengembangan tata kelola jurnal.

wd4mipaWakil Dekan Bidang Kerjasama, Perencanaan dan Sistem Informasi FMIPA Unpatti (M. Moniharapon, S.Pt., M.Si.), dalam sambutan dan arahan sekaligus menutup kegiatan workshop mengatakan bahwa pentingnya pengelolaan jurnal online sampai pada proses akreditasi jurnal untuk mendukung akreditasi institusi dan juga harus didukung oleh jejaring (networking) agar dapat memudahkan dalam mengumpulkan tulisan-tulisan yang akan dipublish/ disubmit pada laman web online masing-masing pengelola jurnal. Wadek IV juga mengharapkan agar adanya kegiatan-kegiatan lanjutan dalam rangka mendukung dan mengembangkan pengelolaan jurnal ilmiah di waktu-waktu mendatang agar dapat memotivasi dan menyemangati para pengelola jurnal untuk terus berkarya bagi pengembangan institusi khususnya terkait publikasi ilmiah.

Sumber: https://unpatti.ac.id/2017/01/jurusan-matematika-fmipa-unpatti-mempelopori-workshop-pengelolaan-jurnal-ilmiah-teknik-penulisan-jurnal-internasional-dan-pembuatan-laman-web-jurnal-ilmiah-berbasis-ojs/
Related Posts
SHARE
Lebih baru Terlama

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar