7VlyqT76sbQUcJvhMkyL2FVicQ0FRmnSPD1mMJSy

Tingkatkan Kualitas Jurnal, Melalui Workshop “Tata Kelola Jurnal Bereputasi”



Alhamdulillah, STAI Terpadu Yogyakarta ikut serta berperan aktif dalam kegiatan Workshop “Tata Kelola Jurnal Bereputasi” yang diadakan oleh PPMPI (Perkumpulan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel University Yogyakarta, pada hari Senin-Rabu, 21-23 November 2022 dengan peserta yang terdiri dari berbagai pengelola jurnal MPI se Indonesia. Ibu Diningrum Citraningsih, M.S.I, selaku perwakilan dari STAI Terpadu Yogyakarta sekaligus Kaprodi MPI STAI Terpadu Yogyakarta dan pengelola jurnal Al-Fahim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam sangat bersyukur dapat mengikuti rangkaian kegiatan tersebut, sebab materi yang disampaikan oleh para narasumber sangat berkualitas dan aplikatif untuk meningkatkan kualitas jurnal Prodi. Kegiatan ini juga merupakan bagian implementasi kerjasama dengan asosiasi PPMPI yang bertujuan untuk memperkuatkan publikasi dan jurnal Prodi (Program Studi) MPI.


Ibu Dr. Sri Rahmi, M.A selaku ketua PPMPI memberikan sambutan dan penguatan kepada para peserta agar bisa memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, selanjutnya acara ini dibuka oleh Wakil Dekan 3 UIN Sunan Kalijaga yaitu Dr. Imam Machali, M. Pd.


Pada sesi hari pertama yaitu Senin, 21 November 2022, materi disampaikan oleh bapak Busro, M.A dari UIN Sunan Gunung Jati Bandung. Beliau merupakan Editor in Chief Jurnal Wawasan Bandung (Sinta 2) dan SE HTS Teologiese Studies (Scopus Q1) dengan materi strategi mencari penulis dan reviewer dari luar negeri, teknik pengelolaan jurnal bereputasi internasional, dan indexing DOAJ dan Scopus.



Pada sesi hari kedua atau Selasa, 22 November 2022, materi disampaikan oleh bapak Dr. Zainal Arifin, M.S.I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Beliau merupakan sekretaris PPMPI dan Editor in Chief Jurnal Manageria (Sinta 3) dengan materi teknik penulisan artikel pada jurnal bereputasi. Kemudian pemateri selanjutnya adalah Bapak Dr. Hasan Baharun, M.Pd. dari Universitas Nurul Jadid Probolinggo. Beliau merupakan Editor in Chief Jurnal Al Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (Sinta 2)  dengan materi  tool management dan reference, bedah artikel dan substansi.


Pada sesi hari ketiga atau Rabu, 23 November 2022 adalah agenda penutupan dan dilanjutkan kegiatan City tour Yogyakarta. Para peserta kegiatan workshop jurnal sangat senang dan bersyukur mengikuti kegiatan yang bermanfaat ini. Harapannya kegiatan ini bisa dilaksanakan setiap tahun dengan materi yang baru dan berkualitas agar untuk meningkatkan mutu jurnal prodi dan bisa bermanfaat untuk kalangan para akademisi.

Repost dari https://staitbiasjogja.ac.id/v2/2022/11/tingkatkan-kualitas-jurnal-melalui-workshop-tata-kelola-jurnal-bereputasi/

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar