7VlyqT76sbQUcJvhMkyL2FVicQ0FRmnSPD1mMJSy

Rumah Jurnal IAIN Bukittinggi Gelar Workshop Pendampingan Akreditasi Jurnal Ilmiah



Bukittinggi. Senin, 30 Mei 2022. Sebagai upaya untuk meningkatkan kuantitas, kualitas dan tata kelola Jurnal Ilmiah di Lingkungan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi, Rumah Jurnal sebagai Unit Pusat Pengelolaan dan Penerbitan menggelar Workshop Pendampingan Akreditasi Jurnal Ilmiah yang bertempat di Aula Pertemuan Kampus I Garegeh dan dihadiri oleh semua jajaran Pengelola Jurnal. Peningkatan kualitas dan kuantitas jurnal terakreditasi nasional dan jurnal internasional bereputasi ini menjadi sesuatu yang penting dalam rangka mewujudkan perguruan tinggi menjadi universitas riset.


Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor I Dr. Asyari, M.Si. Workshop ini dinarasumberi oleh Yoga Dwi Arianda, ST yang menjabat sebagai Koordinator Jurnal dan Publikasi Ilmiah Kemendikbudristek RI serta Busro, S.Ud, M.Ag yang menjabat sebagai Ketua Rumah Jurnal UIN Bandung Relawan Jurnal Indonesia. Kegiatan Workshop ini diadakan sebagai upaya peningkatan Akreditasi Jurnal Ilmiah agar kualitas jurnal bisa diakui secara nasional bahkan global.



Narasumber menjelaskan dengan rinci mengenai prosedur dan persyaratan akreditasi, bagaimana cara pengajuan, perpanjangan, atau peningkatan akreditasi. Dan juga turut menjabarkan bahwa untuk menuju Jurnal Terakreditasi, Pengelola Jurnal harus memperhatikan serta menetapkan fokus kepada substansi penulisan artikel dan sisi manajemen jurnalnya. Selain itu, Yoga juga mengungkapkan bahwa masih kurangnya Jurnal Terakreditasi Nasional sehingga Kemendikbudristek RI perlu melakukan pendampingan dan audiensi agar kedepannya semakin banyak Jurnal Ilmiah yang diterbitkan Instansi, dan kualitasnya diakui lewat Sertifikat Pengukuhan Akreditasi secara Nasional dan Internasional.


Dengan adanya kegiatan Workshop ini, para pengelola Jurnal IAIN Bukittinggi mendapatkan insight yang sangat bermanfaat. Secara spesifik pada proses Assessment dan penilaian, sebagai acuan bagi Pengelola Jurnal untuk memperbaiki Substansial Jurnal serta mempersiapkan instrument untuk keperluan akreditasi. Termasuk untuk mengevaluasi kesiapan jurnal yang akan mengajukan akreditasi sehingga dapat mengoptimalkan hasil akreditasi dan bahan evaluasi sehingga dapat meningkatkan kualitas jurnal di penerbitan berikutnya.


Repost dari https://iainbukittinggi.ac.id/rumah-jurnal-iain-bukittinggi-gelar-workshop-pendampingan-akreditasi-jurnal-ilmiah/

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar