7VlyqT76sbQUcJvhMkyL2FVicQ0FRmnSPD1mMJSy

Puslitpen IAIN Batusangkar Tingkatkan Reputasi Jurnal Melalui Workshop Peningkatan dan Penguatan Rumah Jurnal IAIN Batusangkar





Batusangkar, 8 Maret 2022. Pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M IAIN Batusangkar sukses menggelar workshop peningkatan dan penguatan rumah jurnal IAIN Batusangkar. Ketua LP2M Dr. H. Muhammad Fazis, M.Pd dalam sambutannya mengatakan, guna menjaga dan meningkatkan mutu terbitan dan menjadikannya sebagai wahana komunikasi ilmiah antar peneliti, akademisi dan masyarakat pengguna untuk mencapai sasaran pengembangan bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan pembangunan di Indonesia, maka pembinaan pengelola Jurnal di lingkungan IAIN Batusangkar menjadi penting. Hal ini yang memicu semangat Pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M mengadakan kegiatan Workshop Peningkatan dan Penguatan Rumah Jurnal IAIN Batusangkar, pada tanggal 8 – 9 Maret 2022 di Auditorium Kampus 1 IAIN Batusangkar, dengan mendatangkan narasumber “Bushro, S.Ud.M.Ag” dosen UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang juga menjabat sebagai Pengawas Relawan Jurnal Indonesia (RJI), sebuah lembaga nirlaba yang berkecimpung di dunia pengelolaan jurnal ilmiah. Selain itu Busro juga aktif di Lembaga Ta’lif wan Nasyr (LTN) NU Jawa Barat.


Ketertarikan Busro dengan Pengelolaan Jurnal elektronik dan OJS (Open Journal Systems) semenjak ditugaskan sebagai pengelola jurnal di Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Selain pengelola jurnal Busro juga aktif dalam memberikan pelayanan terkait DOI Crossref, Mendeley, Turnitin dan layanan lainnya yang menunjang pembuatan artikel dan pengelolaan jurnal.


Kegiatan workshop ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kelembagaan Dr. Ridwal Trisoni, S.Ag., M.Pd serta diikuti oleh perwakilan pengelola jurnal selingkup IAIN Batusangkar yang terdiri dari editor in chief dan jurnal manager sejumlah 52 orang yang saat ini jurnal IAIN batusangkar berjumlah 34 buah jurnal, dengan 2 jurnal terakreditasi Sinta 2 dan 4 jurnal terakreditasi Sinta 4. Jurnal ini terdapat pada https:// ojs.iainbatusangkar.ac.id/ojs/.


Dalam sambutannya Ridwal berharap melalui e-journal, hasil karya ilmiah dapat diketahui dan diakses lebih cepat oleh masyarakat baik nasional maupun internasional. Oleh karena itu, indeksing jurnal menjadi penting agar jurnal dapat diakses dengan mudah secara global. Mengacu pada ketentuan pasal 5 ayat 3 peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 22 tahun 2011 tentang terbitan berkala ilmiah dan menyikapi kondisi di atas serta untuk meningkatkan reputasi terbitan maka paradigma pengelolaan secara elektronik dan cetak menjadi sangat diperlukan. (VH, RM)

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar