7VlyqT76sbQUcJvhMkyL2FVicQ0FRmnSPD1mMJSy

Pelatihan Pengelolaan Jurnal di Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Bangka,29/4/2019. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung melakukan pelatihan akreditasi manajemen jurnal di SINTA (Science and Tecnology Index).Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 27 April 2019 di Lantai II Gedung Rektorat IAIN SAS babel.Tujuan dilaksanakan pelatihan ini adalah untuk mengimplementasikan Permenristek dikti Nomor 20 Tahun 2017 bahwa semua jurnal harus terakreditasi.Selainitu, pelatihan ini bertujuan untuk menstimulus para pengelola jurnal agar jurnal yang dikelolanya terakredisi.

Pelatihan jurnal ini menghadirkan narasumber dari Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang juga menjabat sebagai Sekretaris Relawan Jurnal Indonesia Pusat Busro, S.Ud, M.Ag.Dalam penjelasannya,Busro menyampaikan bahwa jurnal harus adadan terakredisi pada setiap perguruan tinggi.Jurnal terakreditas imemiliki beberapa persayaratan, misalnya memiliki ISSN elektronik(Electronic International Standard Serial Number), memiliki Digital Object Identifier (DOI), mencantumkan etika publikasi(publication ethics statement)dalam laman jurnal jurnal harus bersifat ilmiah dan tidak plagiat, terbit paling sedikit tahun berurutan terhitung mundur mulai tanggal atau bulan pengajuana kreditasi.Frekuensi penerbitan jurnal ilmiah paling sedikit 2 kali dalam setahun secara teratur. Jumlah artikel minimal terdiri dari 5 artikel dalam setiap penerbitan, kecuali jika jurnal yang hanya memuat artikel review bidang ilmu tertentu,imbuh Busro.

Peserta pelatihan terdiri dari Dekan, Wakil-Wakil Dekan, dosen, dan pengelola jurnal di FakultasTabiyah, Dakwah dan Komunikasi Islam, Syariah dan Ekonomi Islam, dan pengelola jurnal Lembaga Penjaminan Mutu(LPM)IAIN SAS Babel. Acara pelatihan ini dibuka oleh Rektor IAIN SAS Babel yang di wakili olehWakil Rektor I Dr. Rusydi Sulaiman, M.Ag.RusydiSulaiman menyambut baik kegiatan ini, dan ia mendorong para pengelola jurnal agar semuajurnal di IAIN SAS Babel yang telah memenuhi syarat akreditasi pada tahun 2019.

Sementara ketua LPPM Dr. Irawan, M.S.I dalam sambutannya menjelaskan bahwa jurnal terakreditasi menjadi persyaratan akreditasi Program Studi dan Institusi.Jurnal terakreditasi juga bermanfaat bagi dosen yang akan mengusulkan kenaikan pangkat dan fungsional dosen.Yang terpenting sekali,menurut Irawan,sebagai akademisi,dosen harus memiliki tulisan di jurnal terakreditasi untuk mengeksplorasikan dan mentransformasikan ilmu pengetahuan yang dimilikinya.

Sekretaris LPPM Kartika Sari, M. Hum mengucapkan terimakasih kepada narasumber, Busro, yang telah berbagi ilmu pengetahuan mengenai akreditasi jurnal. Kartika juga meminta para pengelola jurnal untuk tetap bersemangat dalam meraih jurnal akreditasi dan sudah mengajukan akreditasi pada bulan Mei 2019.


Penulis: Irawan /Ayaknan
Editor : Turmuzi
Sumber: https://iainsasbabel.ac.id/home/read/berita/488/lppm_iain_sas_babel_melakukan_pelatihan_akreditasi_jurnal_di_sinta.php

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar